Persyaratan Dasar untuk Model Data Relasional

Model data relasional menekankan beberapa persyaratan untuk struktur tabel-tabelnya.
-Setiap kolom dalam sebuah baris harus berlainan nilainya.
-Kunci utama (primary key) tidak boleh bernilai nol. Kunci utama adalah atribut, atau kombinasi dari beberapa atribut, yang secara unik mengidentifikasi baris dalam suatu tabel. Nilai yang bukan nol dalam kunci utama mengidentifikasi keberadaan objek tertentu dan objek tersebut dapat diidentifikasi berdasarkan referensi nilai kunci utamanya. Syarat ini disebut pula sebagai peraturan integritas entitas (entity integrity rule).
-Kunci luar (foreign key), jika tidak bernilai nol, harus memiliki nilai yang sesuai dengan nilai kunci utama di hubungan yang lain. Syarat ini disebut pula sebagai peraturan integritas referensi (referential integrity rule) karena syarat ini memastikan konsistensi database. Akan tetapi, kunci luar dapat berisi nilai nol.
-Seluruh atribut yang bukan merupakan kunci dalam sebuah tabel harus mendeskripsikan objek yang di identifikasi oleh kunci utama.
Keempat syarat ini akan menghasilkan database yang tersruktur dengan baik (ternormalisasi / normalized) yang memungkinkan konsistensi data, dan meminimalkan serta mengendalikan pengulangan data.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: