bahasa DBMS

Bahasa-bahasa DBMS
Setiap DBMS harus menyediakan sarana untuk pelaksanaan tiga fungsi dasar, yaitu: menciptakan, mengubah dan mempertanyakan database. Sekelompok perintah yang digunakan untuk menjalankan ketiga fungsi tersebut, secara berurutan diacu sebagai bahasa untuk definisi data, bahasa untuk manipulasi data, dan bahasa untuk meminta data.
Bahasa definisi data (data definition language-DDL) digunakan untuk:
membangun kamus data,
mengawali dan menciptakan database,
mendeskripsikan pandangan logis untuk setiap pemakai atau programer, dan
memberikan batasan untuk keamanan field atau catatan pada database.
Bahasa manipulasi data (data manipulating language-DML) digunakan untuk perawatan data, yang mencakup operasi seperti pembaharuan, penyisipan, dan penghapusan suatu bagian dari database. DML memeudahkan program penulisan untuk melakukan tugas-tugas tersebut dengan menayakan suatu nama dari bagian data, bukan meminta lokasi penyimpanan fisiknya.
Bahasa permintaan data (data query language-DQL) dipergunakan untuk menyelidiki database. Apabila DML dipergunakan untuk mengubah isi database, maka DQL hanya dipergunakan untuk mengambil data, menyortir data dan menyajikan suatu bagian dari database sebagai respons atas permintaan data. Umumnya DQL berisi perintah yang cukup luas, tetapi mudah digunakan, sehingga para pemakainya dapat memuaskan sebagian besar kebutuhan informasinya sendiri, tanpa bantuan dari programer.
Banyak DBMS yang juga memasukkan penulis laporan yaitu sebuah bahasa yang menyederhanakan pembuatan laporan. Umumnya pemakai hanya perlu menspesifikasikan elemen data yang ingin mereka cetak dan bagaimana format laporan tersebut. Penulis klaporan kemudian akan mencari dalam database data yang dispesifikasikan, mengekstasi bagian data tersebut, dan mencetaknya sesuai dengan format yang telah ditentukan oleh pemakai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: